Cara Mencari Tempat Prakerin atau PKL

6/12/2016
Prakerin ( PKL ) adalah salah satu syarat untuk mengikuti Ujian Nasional jika anda bersekolah di SMK. Setelah prakerin biasanya tempat prakerin tersebut akan memberikan nilai kepribadian kamu saat prakerin. Terkadang di beberapa perusahaan ataupun tempat prakerin memberikan sertifikat khusus dari tempat itu sendiri.

Prakerin sangat berpengaruh bagi kehidupanmu di masa depan, karena banyak perusahaan atau tempat bekerja yang akan menilai hasil keseimbangan hasil prakerin dan jurusan kamu. Jadi jangan sembarangan memilih tempat prakerin. Bagi kamu yang belum mencari tempat prakerin dan masih bingung, saya ada beberapa tips dan cara untuk mencari tempat prakerin agar dapat menguntungkanmu di masa mendatang.

1.  Mengetahui Diri dan Jurusan Anda
Maksudnya disini bukan lah mengoreksi kesalahan anda dan jurusan anda, tetapi cari tau apa bakat anda dan anda sekolah di jurusan apa? Karena sangat tidak nyambung jika anda sekolah jurusan RPL ( Rekayasa Perangkat Lunak ) tetapi anda prakerin di bengkel.


2.  Mengumpulkan Informasi Tempat Prakerin
Setelah anda tau apa bakat anda dan apa jurusan anda, sekarang saatnya anda untuk mencari dan mengumpulkan sebanyak mungkin tentang beberapa tempat prakerin. Jangan hanya mencari 1 tempat prakerin saja, tetapi coba kumpulkan terlebih dahulu 2 atau 3 tempat, karena jika anda hanya mencari 1 tempat, dan anda di tolak di tempat itu, anda akan kerepotan untuk mencari lagi.

Usahakan anda mencari tempat prakerin yang sesuai jurusan anda dan jangan melenceng terlalu jauh dari jurusan anda.

3.  Mencari Kelompok Prakerin
Saat prakerin ada baiknya anda tidak prakerin sendirian, karena banyak kemungkinan yang tidak terduga bisa terjadi, contohnya : anda sakit dan tidak bisa prakerin beberapa hari, jika anda prakerin sendiri, tidak ada teman anda yang bisa menginformasikan tentang anda kepada tempat prakerin, tetapi jika anda prakerin berkelompok maka ada teman anda yang memberitahukan kepada pembimbing prakerin.

Setelah anda dan kelompok mendapatkan informasi tentang tempat prakerin, cobalah berdiskusi tempat prakerin mana yang akan kalian tuju.

4.  Memprediksikan Pengeluaran
Setelah anda mendapatkan beberapa informasi tentang tempat Prakerin yang anda sukai, anda juga harus memperhitungkan pengeluaran anda jika anda prakerin di tempat itu. Karena belum tentu tempat prakerin itu akan membiayai anda saat prakerin.

Bagian ini lumayan penting, karena jika saat anda prakerin, tiba-tiba kekurangan dana dan ingin pindah tempat prakerin ke tempat yang lebih dekat karena murah, maka akan sangat rumit untuk mengurus perpindahannya.

5.  Menetapkan Tempat Prakerin
Setelah informasi siap, ini saatnya anda menentukan tempat prakerin mana yang akan anda pilih sebagai tempat untuk anda prakerin. Jika anda sudah yakin akan prakerin di tempat tersebut, datangilah tempat tersebut dan tanya apakah mereka menerima siswa prakerin atau tidak, dan cari tau siapa pembimbing prakerin anda disana. Jika anda di terima prakerin di tempat itu, maka anda harus bersyukur hehe, tetapi jika anda tidak diterima, maka anda harus mencari tempat lagi dan mencoba di tempat lain.

6.  Persiapan Prakerin
Jika anda sudah di terima di tempat prakerin yang anda inginkan, maka saatnya anda untuk mempersiapkan segala sesuatunya untuk prakerin nanti. Salah satu persiapannya adalah mental anda, karena mungkin di tempat prakerin, cara mereka memberitahu atau menyuruh anda akan berbeda dengan di sekolah atau disekitar lingkungan anda.

Selanjutnya adalah persiapan surat prakerin, biasanya sebelum prakerin anda akan di berikan surat dari sekolah untuk tempat prakerin anda yang berisi tentang permohonan prakerin di tempat tersebut. Jangan sampai surat itu hilang, jika hilang bisa-bisa anda di marahi oleh guru anda.

Setelah itu, ketahuilah siapa guru pembimbing anda di sekolah dan pembimbing anda di tempat prakerin, karena mereka lah yang akan membimbing anda selama anda prakerin.

Bekerja sama dengan guru pembimbing di sekolah dan di tempat prakerin anda, dan juga bangun rasa kebersamaan dengan teman-teman prakerin anda.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »